Get Adobe Flash player

Archive for the ‘sosial’ Category

postheadericon SEKELUMIT CERITA TENTANG MERAPI (Mt. MERAPI CRISIS IN 2010)

Sedikit cerita mengenai erupsi Merapi, November tahun 2010 ini. .

Diawali dengan peningkatan status Merapi yang tak kusadari, dari siaga menjadi awas. .

Merapi pun mengeluarkan awan panasnya yang memaksa ratusan warga lereng Merapi harus mengungsi, yang akhirnya memakan korban, sosok yang terkenal sejak erupsi terakhir Merapi pada tahun 2006 lalu, Mbah Marijan. .

Saat itu aku belum menyadari betapa gentingnya situasi yang akan aku hadapi. .

Setelah kepergian sang juru kunci, aku baru tahu betapa besar pengabdian beliau pada Kraton Ngayogyakarta, dengan gaji perbulan yang tak lebih dari Rp 81.000 beliau tetap setia tinggal di lereng Merapi selama puluhan tahun. .

Sebagai abdi dalem kraton, bukan soal gaji yang dicari, melainkan ketentraman hidup. .

Lalu pada tanggal 30 Oktober 2010 dini hari, terjadi erupsi untuk kesekian kalinya, namun kali ini menimbulkan efek yang lebih luas dari sebelumnya, yaitu abu vulkanik yang menghujani kota Yogyakarta sampai terlihat seperti padang pasir. .[agak] menakutkan. .

Kemudian sesuatu yang lebih besar terjadi setelah hari-hariku dalam debu kota Jogja selama beberapa hari kulah. .

Tanggal 5 November 2010 dini hari, terjadi erupsi yang lebih dahsyat dari seminggu sebelumnya. .Sleman dihujani material [krikil, pasir, abu vulkanik] oleh Merapi yang masih bergejolak. .

Pagi itu, pada 01.00 WIB menjadi saksi kepergianku dari rumahku yang nyaman di Jl.Kaliurang km 13. .

Pagi itu, menjadi awal mula kegagalan semua rencanaku pada weekend tersebut. .seminar, renang, ujian, Kpop Fest, gereja yang tenang pada minggu pagi, laporan eksperimen, pengerjaan final project matakuliah. .semuanya batal. .ditunda. .tak menentu entah sampai kapan. .bahkan yang lebih jauh lagi mempengaruhi pelaksanaan konser Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO) pada tanggal 14 November, dan entah apakah KNasTIK pada tanggal 13 November hendak dilangsungkan atau tidak. .

Tapi di luar itu seharusnya aku bersyukur. .bahwa dalam ketidaknyamananku ini, begitu banyak orang di luar sana yang mengalami keadaan yang lebih tidak nyaman dari pada aku. .

Aku tidak bisa berbuat banyak untuk orang lain di sana [atau, aku kurang berusaha??]

Teman-temanku sekarang mengalami banyak kesulitan di sana, di Jogja, sekarang, baik itu yang menjadi korban atau relawan, oleh karena itu aku akan membantunya dalam hal lain. .

Sudah saatnya kita ACT FOR INDONESIA, not only PRAY FOR INDONESIA!

Ayo, kalau kau mau melakukan sesuatu untuk menolong mereka, lakukanlah! . .jangan ragu untuk itu


September 2017
M T W T F S S
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Categories