Get Adobe Flash player

postheadericon SUNGKYUNKWAN SCANDAL – Promosi Blog Mb’Tirza

omo. .drama korea lagi (??!). .bwahahaha. .kalau begini terus aku ganti saja web ini jadi web korean drama =,=

Tapi aku merasa perlu untuk menulis ini, karena selain mengenai sesuatu yang aku suka juga karena aku ingin memperkenalkan blog korean drama langgananku, Sinopsis Drama dan Film Korea. Seperti namanya, blog itu khusus diisi recaps film, cocok banget buat yang suka baca, suka film Korea, tapi nggak bisa nonton karena film yang bersangkutan masih airing di negaranya sana.

Yup. Aku suka banget sama film Korea. Bukannya nggak cinta Indonesia, tapi sebagai penikmat film kita perlu mencari banyak referensi film dari berbagai genre dan negara (nice reason, right? hha). Setelah sebelumnya aku mengikuti separuh sinopsis Queen Seondeok, God of Study, dan Dong Yi, sekarang aku sedang asyik-asyiknya membaca recaps serial Sungkyunkwan Scandal.

Sungkyunkwan Scandal (SKK Scandal) merupakan suatu serial yang diangkat dari buku yang berjudul sama. Berlatar belakang masa pemerintahan Joseon, SKK menceritakan mengenai seorang wanita cerdas pada masa itu yang bernama Kim Yoon Hee. Karena kecintaannya pada ilmu pengetahuan dan desakan ekonomi keluarga, dia pun rela menyamar menjadi laki-laki atas nama adiknya yang sakit-sakitan, Kim Yoon Shik, dan menggunakan kepandaiannya untuk mengerjakan tugas sekolah dan bahkan menggantikan ujian orang lain meski ibunya tidak setuju. Sedari kecil Yoon hee sudah menunjukkan kecintaannya pada ilmu pengetahuan. Namun pada masa itu wanita masih dianggap makhluk no 2 (kalau di Indonesia, mungkin keadaannya sama seperti sebelum RA Kartini berjuang untuk pendidikan) sehingga bukanlah suatu hal lumrah kalau ada wanita yang mengenyam pendidikan, bahkan karena perilakunya yang ‘tidak biasa’ itu ibunya selalu mengatakan “kepandaian adalah racun bagi wanita” padanya.

Yong Ha, Yoon Hee, Sun Joon, Jae Shin

Suatu ketika penyamarannya sebagai joki ujian masuk SKK terungkap, tapi karena kepandaiannya, Raja justru memerintahkan Yoon Hee untuk belajar di SKK. Di dalam SKK yang notabene 100% berpenghuni lelaki itu, nantinya Yoon Hee akan menemukan teman satu gengnya. .hwehhe. .yaitu Lee Sun Joon (putra Menteri Lee, serius, pintar, idealis), Moon Jae Shin (putra menteri Moon, selalu cegukan jika berdekatan dengan wanita, dijuluki ‘kuda gila’), dan Goo Yong Ha (playboy kelas kakap, teman Moon Jae Shin, sekaligus siswa SKK pertama yang menyadari identitas Yoon Hee sebenarnya). Film tanpa masalah, rahasia, dan intrik, seperti sayur tanpa garam dan bawang. .ckckckck. .Selain menutupi identitasnya sebagai perempuan, Yoon Hee akan dihadapkan pada masalah yang pelik dan (as usual) kisah cinta. Mulai dari statusnya yang berasal dari kalangan bawah, posisinya yang mendapat perhatian istimewa dari seorang wanita yang mengiranya sebagai laki-laki, kelicikan ketua siswa SKK, latar belakang partai masing-masing siswa yang mempengaruhi pergaulan & kompetisi, kenyataan yang baru dia ketahui bahwa mendiang ayahnya merupakan salah satu pengajar di SKK tersebut, hingga pelibatannya dalam pencarian wasiat yang hilang dari Raja sebelumnya, semua akan mewarnai lika-liku kehidupannya selama menjadi siswa SKK.

Sungkyunkwan Scandal baru selesai tayang di Korea, sedangkan sinopsisnya baru tersedia sampai episode 12 (hingga artikel ini ditulis). Secara berkala, si empunya blog (aka mb’Tirza) akan menulis recaps episode selanjutnya. Jadi karena masih tayang, harap maklum kalau membaca sinopsisnya nggak bisa ‘streaming’ langsung sampai ending ^^v

my lovely Jae Shin. .kekeke~

Mengenai konsep cerita, mungkin sudah hal yang membosankan bila kita disuguhi ide cerita mengenai penyamaran seorang wanita menjadi laki-laki dan akhirnya akan terjebak dalam kisah cinta segitiga bersama rekan-rekannya, baik yang menyadari identitas aslinya atau tidak. Contohnya: She’s The Man (yang disadur sinetron Indonesia, Olivia), Coffee Prince, dan You’re Beautiful. Tapi jangan remehkan serial ini. Justru serial ini jauh lebih mutu daripada film-film yang aku sebutkan tadi. Kenapa?? Karena dalam cerita ini, pemeran utama wanita ‘membuang’ identitasnya sebagai ‘makhluk no 2’ sejak dia memasuki SKK. Dan dia melakukannya karena pada dasarnya dia mencintai sesuatu yang seharusnya tidak dia cintai, yaitu pengetahuan. Layaknya Kartini pada masa itu di Korea, pemeran utama serial ini harus bisa memerangi kebodohan dan struggle dalam melawan ‘adat’. So i think. .love story is just a side effect, not the main idea.

Cast/Pemain

Micky Yoochun (믹키유천) as Lee Seon-joon (이선준)

Park Min-yeong (박민영) as Kim Yoon-hee (김윤희)

Yoo Ah-in (유아인) as Moon Jae-sin (문재신)

Song Joong-ki (송중기) as Goo Yong-ha (구용하)

Jeon Tae-soo (전태수) as Ha In-soo (하인수)

Seo Hyo-rim (서효림) as Ha Hyo-eun (하효은)

Kim Min-seo (김민서) as Cho-seon (초선)

sinopsis SKK klik di sini

Leave a Reply

September 2017
M T W T F S S
« Apr    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Categories